لطئف الاشارات nadhom

نظم لطئف الاشارات
بسم الله الرحمن الرحيم
مقدمة
P E N D A H U L U A N
ذو العجز والتقصير والتفريط قال الفقير الشرف العمريطى
Telah berkata Syiekh Syarifudin Yahya Yang membutuhkan kepada Dzat yang Esa
Yang memiliki kelemahannya jiwa Serta ceroboh menancap dalam rasa

علم الاصول للورا واشهرا الحمد لله الذى قد اظهرا
Sgala puji bagi Allah Dzat yang Ghofur Yang tlah menjadikan ilmu Usul masyhur
Serta menjadikan Ilmu Usul masyhur Bagi segenap manusia tuk tafakur
فهو الذى له ابتداء دونا على لسان الشافعى وهونا
Melewati lisan Imam As-Syiafi’i Alloh memasyhurkan Ilmu Usuli
Imam As-Syiafi’i yang pertama memulai Smoga Allah memudahkan jalan kami
كتبا صغار الحجم او كبارا وتابعته الناس حتى صارا
Dan para Ulama tlah mengikutinya Hingga terbentuklah kitab-kitabnya
Dari ukuran besar hingga yang kecil Itulah karya Ulama yang berhasil
بالوارقات للامام الحرمى وخير كتبه الصغار ماسمى
Kitab terbaik milik Imam Harmain Kecil mungil Waraqatlah dinamakan
مسهلالحفظه وفهمه وقد سئلت مدة فى نظمه
Telah datang permintaan kepadaku Untuk mensya’irkan Waraqat yang lalu
Untuk mempermudah cara penalaran Serta mempermudah tekhnis pemahaman

وقد شرعت فيه مستمدا
فلم اجد مما سئلت بدا
Kemudian aku tidak menemukan Sebuah kecapean dari permintaan
Lalu ku bermaksud pada sya’irnya Dengan memohon pertolongan darinya
والنفع فى الدارين بالكتاب من ربنا التوفيق للصواب
Dengan taufiq yang membuka kebenaran moga kitab ini penuh kemanfaatan
Di Dunia dan Akhirat selamanya Untuk dijadikan bekal hidupnya


(باب اصول الفقه)
BAB I
USUL FIQIH
للفن من جزاين قد تركبا هاك اصول الفقه لفظالقبا
Lafdz usul fiqih digunakan nama Untuk sebuah warna ilmu yang mulia
الفقه والجزان مفردان الاول الاصول ثم الثانى
Usul fiqih tersusun dua bagian Satu usul, dua fiqih almufrodain
والفرع ما على سواه ينبنى فالاصل ما عليه غيره بنى
Asal ialah sesuatu yang ada Tempat untuk bersandar dzat yang lainnya
Ranting ialah sesuatu yang dibangun Tempat untuk bersandar pada yang lain
جاء اجتهادا دون حكم قطعى والفقه علم كل حكم شرعى
Fiqih ialah ilmunya hukum syar’i Yang hasil ijtihad bukan hukum pasti
ابيح والمكروه مع ما حرما والحكم واجب ومندوب وما
من قاعدهذان او من عابد مع الصحيح مطلقا والفاسد
Hukum syara terediri wajib pertama Mandub, mubah, makruh, haram yang ke lima
Enam mutlak shohih serta fasid yang ke tujuh Dari orang yang duduk atau ibadah
فى فعله والترك بالعقاب فالواجب المحكوم بالثواب
Wajib diberi pahala yang melakukan Dengan siksaan bagi yang ,meninggalkan
ولم يكن فى تركه عقاب والندب ما فى فعله الثواب
Mandub itu berpahla bagi pelaku Jika di tinggalkan siksa tak berlaku
فعلا وتركا بل ولا عقاب وليس فى المباح من ثواب
Pada mubah tak ada siksa pahala Dikerjakan ditinggalkan semua sama
كذالك الحرام عكس ما يجب وضابط المكروه عكس ما ندب
Pengertian makruh sebaliknya mandub Pengertian haram sebaliknya wajib
به نفود واعتداد مطلقا وضابط الصحيح ماتعلقا
Shohih itu yang ada kaitan nufud I’tidad dalam ibadah atau akad
ولم يكن بنافد اذا عقد والفاسد الذى به لم تعتدد
Sesuatu yang tak ada kaitannya Nufud serta I’tidad fasid namaya
بالفقه مفهوما بل الفقه اخص والعلم لفظ للعموم لم يخص
Ilmu itu lafad umum yang tak tentu Tapi fiqih lebih khusus dan tertuju
ان طابقت لوصفه المحتوم وعلمنا معرفة المعلوم
Ilmu kita mengetahui sesuatu Bila ada persamaan yang tlah tentu
خلاف وصفه الذى به علا والجهل قل تصور الشيئ على
Dan bodoh itu mengidentifikasi Sesuatu yang nyatanya tak sesuai
بسيطا او مركبا قد سمى وقيل حد الجهل فقد العلم
Dan menurut qil tentang kebodohan Yaitu tidak ada pengetehuan
Kebodohan terbagi dua bagian Satu basith dua murokab tinggalkan
تركيبه فى كل ماتصورا بسيطه فى كل ماتحت الثرى
Basith itu adalah kebodohan akan Sesuatu di bawah darat lautan
Orang yang tak tahu akan sesuatu Tapi merasakan ia tidak tahu
Orang yang tak tahu akan sesuatu Tapi tak merasakan ia tak tahu
Itulah kebodohan berlipat lipat Kebodohan murokab harus di ingat
اوباكتساب حاصل فالاول والعلم اما باضطراريحصل
Ilmu itu hasil dengan dua cara Pertama idhthirar,iktisab ke dua
Ilmu idhtirar yang tidak membutuhkan Tuk mencari dalil serta pemikiran
بالشم او بالذوق او باللمس كالمستفاد بالحواس الخمس
ماكان موقوفا على استدلال والسمع والابصار ثم التالى
Seperti tahunya hasil panca indra Indra pencium,perasa dan peraba
Dan indra pendengar serta penglihatan Tentu tahu satu persatu hafalkan
Ilmu iktisab yang slalu membutuhkan Tuk mencari dalil serta

Comments

Menu

Baca Juga Artikel

contoh surat undangan haul pesantren